Dalam rangka penyusunan Rencana Strategis (Renstra) tahun 2024-2026, RSUD Ploso Kabupaten Jombang mengadakan Forum Perangkat Daerah yang dihadiri oleh berbagai stakeholders. Kegiatan ini dihadiri oleh kepala tiap unit RSUD Ploso dan perwakilan dari BAPPEDA, Inspektorat, Dinas Kesehatan, RSUD Jombang, Kecamatan Ploso, organisasi masyarakat serta puskesmas dan klinik di sekitar RSUD Ploso. Forum yang diselenggarakan di Ruang Rapat CSSD lantai 2 RSUD Ploso pada Kamis, 10 November 2022 tersebut dipandu oleh Jazilatur Rohmah, SKM, Kasi Perencanaan dan Rekam Medis, dengan narasumber Direktur RSUD Ploso, dr. Achmad Iskandar Dzulqornain, M.KP dan Lunna Agustin Pandannarum, ST dari BAPPEDA.

Forum Perangkat Daerah ini merupakan kali kedua diadakan pada tahun 2022. Hal ini untuk menindaklanjuti Instruksi Dalam Negeri yang mengamanatkan tentang penyusunan dokumen Rencana Pembangunan Daerah (RPD) bagi Kepala Daerah yang jabatannya berakhir pada tahun 2023. Penyusunan RPD tersebut sebagai dasar penyusunan Renstra Perangkat Daerah tahun 2024-2026.  Hal yang membedakan adalah tidak adanya visi misi Kepala Daerah terpilih.

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan Rencana Program, Kegiatan, Sub Kegiatan Renstra Perangkat Daerah RSUD Ploso Tahun 2024-2026 oleh dr. Iskandar. “Penyusunan Renstra dilakukan karena ada masa transisi pada tahun 2024-2026 setelah berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Jombang pada tahun 2023 sampai dengan pelantikan Kepala Daerah hasil pilkada serentak pada tahun 2024. Dimana saat itu yang memimpin adalah penjabat Bupati”, jelas dr. Iskandar. Ibu Lunna Agustin Pandannarum, ST juga menyampaikan bahwa penyusunan Renstra ini merupakan lanjutan dari penyusunan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Jombang Tahun 2024-2026. “Nantinya Renstra yang telah tersusun akan disampaikan oleh semua OPD pada kegiatan forum konsultasi publik”, tutur Lunna Agustin.

Mengacu pada tujuan RPD, tujuan Renstra RSUD Ploso tahun 2024-2026 adalah meningkatnya akuntabilitas dan kinerja birokrasi serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Disampaikan pula target capaian tahunan  pada setiap indikator tujuan dan sasaran. Acara dilanjutkan dengan penyampaian saran atau rekomendasi dari perwakilan peserta.  Kemudian ditutup dengan penandatanganan Berita Acara hasil kesepakatan oleh perwakilan peserta Forum PD terhadap rancangan awal Renstra RSUD Ploso Tahun 2024-2026.